Hidup Sehat dan Berinternet Sehat

Jaman sekarang dunia semakin maju dengan teknologi. Seiring detik berjalan teknologi semakin canggih dan semakin murah, sehingga teknologi bukanlah hal yang luar biasa untuk dimiliki saat ini. Seiring majunya teknologi, kejahatan di dunia mayapun semakin maju dengan pesat jika kita tidak memaksimalkan penggunaannya dengan baik dan benar.

Welcome back here with Mr. ai… topic kali ini adalah hidup sehat dengan internet sehat.

Apa pengaruhnya hidup dengan internet? Jawabnya adalah "sangat berpengaruh" karena dunia internet atau dunia maya adalah dunia kedua kalian setelah bumi. Dunia yang tanpa batas dan tanpa jarak. Hanya cukup hitungan detik untuk menjelajahi dunia maya. Dan penyakit tidak hanya datang dari dunia nyata, di dunia maya pun banyak penyakit. Untuk penyakit yang paling parah adalah penyakit GOSIP! Sangat-sangat berbahayaaaaa….

Apa penyebab penyakit tersebut?
• Pertama adalah semakin banyak situs yang menawarkan gambar-gambar seronok dan terkadang masuk ke kategori porno.
• Kedua adalah banyaknya situs, jejaring social, forum atau milis yang mengumbar kebencian terhadap sesuatu atau sekelompok umat yang menjadi provokator orang banyak.
• Ketiga adalah penggunaan jejaring social untuk kejahatan, misalnya penculikan, pencurian hingga pelecehan seksual.
• Keempat adalah semakin banyaknya virus bertebaran di dunia maya yang mengakibatkan data hilang dan rusaknya laptop atau computer.
• Kelima adalah banyaknya para pengguna messenger yang mengirimkan surat berantai dengan berita yang tidak akurat bahkan berita palsu ke orang banyak yang membuat banyak orang percaya dengan berita palsu tersebut dan membantu menyebarkannya ke orang banyak juga.
• Keenam adalah mengupload foto sembarangan dengan pakaian yang tidak senonoh bisa mengakibatkan gunjingan dimata umum. Bahkan foto kita bisa di rekayasa dengan mudah.

Semua penyakit diatas adalah hal yang membuat kita akan tidak nyaman berinternet. Maka hindarilah hal diatas jika anda ingin nyaman berinternet hidup di muka bumi ini.

Banyak hal yang gue temuin selama hidup di dunia maya. Terutama cewe-cewe yang suka narsis di FB. Narsis silahkan narsis, tapi perhatikan dulu foto yang kalian akan upload. Apakah itu wajar atau tidak? Karena itu adalah gambar dari diri kalian sendiri. Orang akan menilai anda dari apa yang mereka lihat dengan mata mereka. Untuk cowo kayaknya gag begitu bermasalah walaupun telanjang dada. Cewe lebih sensitif dimana-mana ketimbang cowo. Image kalian ada ditangan kalian.

Lalu ketika lagi asik-asiknya chat ada datang surat. Tituuutt…. "blab la blab la… tolong sebarkan surat ini ke 10 orang. Jika tidak anda akan kena bencana" wat the *tuut* with that message? Apakah kalian berpikir surat bisa membuat celaka? Terus kadang katanya "account kalian akan di blokir jika tidak mengirimkan surat ini ke 13 orang". Dan yang lebih bodohnya lagi waktu itu ada surat berantai yang menceritakan wanita bunuh diri karena dihamilin sama cowonya en dia ngasih nomer hp. En bilang klo gag dikirim message itu ke beberapa orang dia akan menghantui kamu selamanya. Naaaaaaaaaaaaaaaahh…. Sebagian ada yang nelpon en bener katanya denger suara hantu nyanyi… helooooooooooowwww… hantu nyanyi di HP ?? have u ever think that??? Setan mana yang bisa maen hp? En gag sedikit yang percaya sama hal tersebut. Eventhough itu beneran ada yang nyanyi, itu semua ulah teknologi. Sampe banyak anak cewe yang pada takut tidur blablabla… dan maaf klo aku harus berkata untuk yang percaya hal itu bahwa "kalian bodoh". Kenapa aku ngomong gitu? Seharusnya kalian mikir dong.. mana ada hantu maenin hp en beberapa hari HPnya gag mati-mati. Emangnya hpnya gag pake batre apah? Hahhahahaha… en pliiiiss.. klo nerima message kaya gitu jangan di sebarin… hentikan di tangan kalian. Dengan begitu kalian mengikuti kampanye internet sehat.

Intinya jangan merugikan diri kalian sendiri nantinya… "think before click"… klo ada apa-apa jangan asal klik…!!! Bisa jadi yang kalian klik itu adalah virus atau apalah…

WASPADALAH……..

Be healthy…..

By : ic4l


Lisensi Dokumen:
Copyright © 2010 ic4l.net
Tulisan ini dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari penulisnya.

Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment